Pertempuran Leipzig terjadi di Saxony pada tanggal 4 – 7 Oktober 1813,  dikenal juga sebagai Pertempuran Banyak Bangsa, karena hampir semua negara Eropa terlibat dalam konflik ini.  Antara lain  Italia, Jerman, Prusia, Austria, Rusia, resimen roket Inggris, Prancis, Polandia, dan Swedia. Dalam hal jumlah pasukan yang terlibat dan jumlah artileri, ini adalah pertempuran terbesar dan kekalah terbesar yang dialami Napoleon selama Perang Napoleon.

Pasukan Rusia, Prusia, Swedia, dan Austria yang terpisah namun terkoordinasi memiiki kekuatan 370.000 tentara dan 1.384 senjata api, sementara kekuatan Napoleon mencapai 198.000 tentara dengan 717 senjata api.

Pertempuran pecah saat Napoleon menduduki Leipzig, Ia berniat untuk memecah wilayah musuh-musuh nya dan menyerang mereka satu per satu. Prancis memiliki kesempatan besar pada hari pertama pertempuran, ketika tentara Prusia mundur karena konfik internal, namun Napoleon tidak berhasil menggapai kemenangan karena kehilangan fokus.

Peta Lokasi Pertempuran Leipzig

Pada hari kedua, kekuatan Koalisi Anti-Perancis mulai terbentuk dan terkordinasi, Napoleon dan pasukannya menghabiskan sebagian besar waktu nya mengatur posisi dan strategi, sementara kekuatan musuh-musuh nya sudah tidak dapat terbendung lagi. Bahkan saat penarikan pasukan merupakan bencana bagi  Prancis – Strategi penghancuran jembatan terbukti menjadi senjata makan tuan, yang menyebabkan banyak pasukan bagian belakang yang tertinggal dan terjebak. Korban yang dikutip dalam pertempuran tersebut diperkirakan sekitar 73.000 tentara Prancis dan 54.000 sekutu.

 

 

Tinggalkan Komentar...